pak@ukrimuniversity.ac.id 085216472877

Sejarah Prodi PAK UKRIM

Prodi Pendidikan Agama Kristen (PAK) UKRIM hadir di Indonesia

Pada hari Senin, 20 September 1982 pukul 10.00 WIB dimulailah sejarah prodi PAK UKRIM yang beralamat di jalan Trimargo Kulon nomor 7 Jetis,  pada arah utara tugu atau Pal Putih Jogjakarta. Sejarah prodi PAK UKRIM dimulai di sebuah ruang yang berukuran lebih kurang (4x8) meter persegi dengan diselenggarakan kuliah perdana oleh Pdt. Dr. Chris Z  Marantika kepada 17 orang mahasiswa baru prodi PAK. Prodi PAK UKRIM hadir untuk menjawab kebutuhan guru Pendidikan Agama Kristen di Indonesia dengan kualifikasi sarjana yang berijazah negara dengan pembinaan oleh Kementerian Agama (dahulu Departemen Agama) pada Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen. Pada tahun 1982 prodi PAK Fakultas Agama Kristen merupakan program studi yang pertama; kemudian  prodi Musik Gereja pada tahun 1986, dan prodi Teologi (Konsentrasi Konseling Kristen) pada tahun 2000.

 

Kampus Prodi PAK UKRIM 1982/1983 s/d sekarang

Selama satu tahun ajaran 1982/1983 prodi PAK UKRIM menempati kampus di jalan Trimargo Kulon no 7 Jetis, pada arah utara tugu atau Pal Putih Yogyakarta.  Pada tahun ajaran 1983/1984 prodi PAK UKRIM menempati Dalem Panembahan pada arah selatan tugu atau Pal Putih Yogyakarta. Setelah selesai pembangunan kampus milik sendiri pada tahun ajaran 1984/1985 prodi PAK UKRIM menempati kampus baru di jalan Solo Km 11, 1 Purwomartani Kalasan Sleman. Di kampus UKRIM yang berada pada arah sebelah timur tugu atau Pal Putih Yogyakarta  ini pemuda-pemudi dari berbagai daerah di Indonesia diperlengkapi untuk menjadi guru Pendidikan Agama Kristen yang kompeten dan cakap mengajar mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen pada jenjang pendidikan dasar (SD, SMP) dan pendidikan menengah (SMK) di desa dan di kota.

 

Dosen Prodi PAK UKRIM pada tahun 1982/1983 s/d sekarang

Di kampus UKRIM Jl Trimargo Kulon nomor 7 Jetis Yogyakarta dosen prodi PAK UKRIM  yang memberikan kuliah pada tahun ajaran 1982/1983 yaitu  Pdt. Dr. Chris Z. Marantika, D.D. sebagai Rektor UKRIM, mengajar mata kuliah Teologi, Dr. Saria Iswari Marantika, MRE. Sebagai Dekan Fakultas Agama Kristen dan Ketua Program Studi PAK UKRIM, mengajar mata kuliah PAK dan Kependidikan; Pdt. Paulus Trimanto Wibowo, M.Div. mengajar mata kuliah Perjanjian Lama dan Tafsiran Perjanjian Lama;  Drs. Paulus Lilik Kristianto, M.Th. mengajar mata kuliah Sejarah Gereja;  Richard Ngun, M.Div. mengajar mata kuliah Perjanjian Baru, Hemenuitik dan Tafsiran Perjanjian Baru; Dra. Carolina Ngun mengajar mata kuliah Sosiologi ; Drs. Lukas Dewo Yuwono mengajar mata kuliah Bahasa Inggris, Dr. Sri Hastuti mengajar mata kuliah Bahasa Indonesia. Prodi PAK UKRIM menyelenggarakan perkuliah pada setiap hari Senin s/d Jumat.  

Pada tahun 1983/1984 dan selanjutnya banyak Dosen yang mengajar pada prodi PAK UKRIM sebagai dosen tamu atau dosen tidak tetap di samping dosen tetap. Dosen tidak tetap yang pernah mengajar pada prodi PAK  UKRIM yaitu Dr. Parlaungan Gultom, Th.M., Dr. Saparman, Th.M.,  Prof. Dr. Suroso, M.Pd., M.Th., Eka Suryatma, S.P., M.Div., Pdt, G.John Momor M.A., Drs. Bambang Widayaka, M.Div., Dr. Matius Suparmoko, M.A., Ester Nasrani, MMCM, Drs. Soewardi Soetodimedjo, Pdt. S.P. Poerba Wijoga, S.Th., Dr. Detty Manongko, M.Th., Dr. Eka Setyaadi, M.Pd.K., Dr. Epafras Mujono, M.Th., dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dosen prodi PAK UKRIM selengkapnya berdasarkan laporan pangkalan data pendidikan tinggi sampai dengan semester genap 2020 dosen tetap prodi PAK UKRIM yaitu Evi Tobeli, M.Pd.K., yang menjabat sebagai Ketua Program Studi; Meldy Tarumaselly, M.Pd.K., yang menjabat sebagai Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan; Nanik Sutarni, M.Pd.K., yang menjabat sebagai Wakil Dekan bidang Administrasi Umum dan Keuangan; Dafid Siswo Hariyono, M.Pd.K.; Hari Santoso, M.Pd.K.; di samping itu ada dosen tetap yang mengajar pada prodi PAK, yaitu Dr. Pujiati Gultom, M.Pd.K., yang kini menjabat sebagai Dekan Fakultas Agama Kristen; Dr. Epafras Mujono, M.Th., yang kini menjabat sebagai Direktur Program Pasca Sarjana dan Ketua Prodi Magister PAK UKRIM; Winardi Tarigan, M.Th., yang menjabat sebagai Ketua Prodi Teologi (Konsentrasi Konseling Kristen) dan Wakil Dekan bidang Akademik; Dra. Christina Tejaningsih, M.Pd.K.; dan Puji Astuti, M.Th.

 

 

Mahasiswa Prodi PAK UKRIM Angkatan Pertama dan selanjutnya

Prodi PAK pada saat dimulai tahun 1982/1983 memiliki 17 orang mahasiswa, yang terdiri dari 10 orang perempuan dan tujuh orang laki-laki. Mahasiswa prodi PAK tahun ajaran 1982/1983 dan tahun selanjutnya menggambarkan keberagaman di Indonesia. Nama mahasiswa prodi PAK tahu ajaran 1982/1983 adalah Wiwiek Erstiana, Sulistyoningrum, Debora Sih Subekti, Christina Sri Sukatmi, Endang Murdwi Riwayati, Dwi Hastuti, Wasti Pertiwi, Siwi Jatiningsih, Budi Hartono, Saut Panungkunan Hutasoit, Jefta Sudiono, Indrati, Slamet Widodo, Gunadi, Hari Santoso, Maria Sri Suratmi. Pada tahun ajaran 1983/1984 prodi PAK UKRIM memiliki lebih banyak mahasiswa yang datang dari berbagai daerah di Indonesia dan asal gereja dari berbagai denominasi; demiki dari Papua, Maluku, Kalimantan, Sumatera, Jawa, NTT dan pula pada tahun-tahun berikutnya. Seorang dari alumni angkatan tahun 1983/1984 yaitu Dr. Eka Setyaadi, M.Pd.K. menjadi Rektor UKRIM, seorang dari alumni tahun 2009 yaitu Evi Tobeli, M.Pd.K. menjadi Kaprodi PAK UKRIM. Jumlah mahasiswa prodi PAK UKRIM mengalami penambahan sejak tahun pertama 1982/1983-1997/1998. Pada tahun ajaran 1998/1999 jumlah mahasiswa prodi PAK mengalami penurunan, dan kembali mengalami penambahan jumlah pada tahun ajaran 1999/2000 dan tahun selanjutnya. Pada tahun ajaran 2020/2021 prodi PAK memiliki 22 mahasiswa baru walupun sudah banyak prodi PAK di berbagai propinsi di Indonesia yang diselenggarakan pada Sekolah Tinggi Teologi (STT), Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) di Kupang, Palangkaraya, Toraja  dan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) di Ambon, Manado,  Tarutung.

 

Akreditasi Prodi PAK UKRIM dan Ujian Negara pada Kementerian Agama (dahulu Departemen Agama)

Prodi PAK UKRIM pada saat didirikan tahun 1982/1983 dengan ijin penyelenggaraan berada di bawah pembinaan Kementerian Agama (Kemenag dahulu Departemen Agama).  Prodi PAK UKRIM memenuhi peraturan menteri agama nomor 5 tahun 1983 untuk penyelenggaraan ujian negara, maka pada tahun 1986 prodi PAK UKRIM mendapat status Terdaftar pada Direktorat Jenderal (Ditjen) Bimbingan Masyarakat (Kristen) Protestan berdasarkan pada SK Dirjen Bimas (Kristen) Protestan Nomor 65 tahun 1986 tertanggal 1 Februari 1986 yang ditandatangani oleh Dirjen Bimas Kristen Drs. Soenarto Martowirjono.  Pelaksanaan ujian negara prodi PAK UKRIM yang pertama pada tahun 1987 diikuti enam orang peserta dan dihadiri oleh Ketua Panitia Ujian Negara Ditjen Bimas Kristen Drs. Yulius Martawilaya. Ujian negara selanjutnya disebut sebagai ujian nasional pada tahun 2008, ujian penjaminan mutu pada tahun 2009 dan terakhir diselenggarakan pada tahun 2011 karena prodi PAK telah mengajukan permohonan akreditasi ke Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT).

Prodi PAK UKRIM mengikuti regulasi pemerintah terkait dengan Pendidikan Tinggi Teologi Agama Kristen.  Seiring dengan regulasi pendidikan tinggi teologi agama Kristen di Indonesia pada tahun akademik 1998/1999 prodi PAK UKRIM berada pada Sekolah Tinggi Teologi Injili Indonesia (STII) di Yogyakarta, sehingga mahasiswa prodi PAK yang sejak semester pertama mengikuti perkuliahan di UKRIM mengikuti ujian negara dan diwisuda sebagai sarjana PAK di STII pada tahun ajaran 1998/1999 sejumlah 10 orang wisudawan  Keadaan ini berlangsung satu tahun ajaran, sehingga pada tahun akademik 1999/2000 prodi PAK kembali berada di UKRIM berdasarkan permohonan Rektor UKRIM Nomor 015/R/II/1999 tertanggal 17 Februari 1999 kepada Dirjen Bimas (Kristen) Protestan perihal permohonan pengembalian prodi PAK dari STII ke UKRIM disetujui oleh Dirjen Bimas (Kristen) Protestan berdasarkan Surat Dirjen Bimas Kristen Nomor FII/PP.00.9/157/841/99 tertanggal 6 April 1999 yang ditandatangani oleh Dirjen Bimas Kristen P. Siahaan, S.Th. 

Prodi PAK UKRIM mengikuti regulasi pemerintah terkait dengan kualitas atau mutu pendidikan tinggi teologi agama Kristen yang dikenal dengan sebutan peningktan jenjang akreditasi dari terdaftar menjadi diakui.  Berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Bimas Kristen Nomor DJ.III/Kep/HK.00.5/125/4208/2003 tertanggal 25 Setember 2003 yang ditandatangai oleh Dirjen Bimas Kristen Dr. (HC) P. Siahaan, S.Th. prodi PAK UKRIM berhasil memenuhi penilaian untuk naik jenjang akreditasi dan mendapatkan status Diakui.

Pada masa transisi perpindahan akreditasi prodi PAK UKRIM dari Kemenag ke Kementerian Riset  Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek dikti) pada Badan Akreditasi Nasional (BAN PT) yaitu antara tahun 2009 sampai dengan tahun 2012 Prodi PAK menyelenggarakan ujian negara dengan versi baru yaitu disebut ujian penjaminan mutu pada Kemenag. Ujian negara dan versinya yang baru yaitu ujian penjaminan mutu berakhir dengan diperolehnya akreditasi prodi PAK pada BAN PT.

 

Akreditasi Prodi PAK UKRIM pada  Badan Akreditasi Negara Pendidikan Tinggi          (BAN PT)

Prodi PAK UKRIM pada tahun 2013 mendapatkan peringkat C pada akreditasi BAN PT dengan SK No: 237/SK/BAN-PT/Ak-XVI/XI/2013.  Pada tahun 2018 mendapat peringkat B Akareditasi BAN PT dengan SK: No. 2295/SK/BAN-PT/Akred/5/VIII/2018.

 

Profesi Alumni Prodi PAK UKRIM Angkatan Pertama dan selanjutnya

Alumni prodi PAK UKRIM melayani di berbagai daerah di Indonesia. Profesi Alumni prodi PAK UKRIM sesuai dengan tujuan pendirian prodi PAK adalah menjadi guru PAK sebagai pegawai negeri (aparatur sipil negara), ataupun sebagai guru PAK pada Yayasan Pendidikan, sebagai dosen PAK pada perguruan tinggi, sebagai Pembina Yayasan Pendidikan. Di samping itu ada yang menjadi Penyuluh Agama Kristen pada Departeman Agama (Kementerian Agama).  Pada 20 Juni 1988 Prodi PAK UKRIM mewisuda lima orang dari angkatan pertama, yaitu Wiwiek Erstiana, S.PAK. menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN dahulu pegawai negeri sipil atau PNS) pada kantor Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen di Jakarta, Christina Sri Sukatmi, S.PAK. menjadi guru PAK pada Yayasan Sekolah Kristen di Semarang, Dwi Hastuti, S.PAK. menjadi guru PAK ASN di SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar, Wasti Pretiwi, S.PAK. menjadi guru PAK ASN di SMA Negeri 1 Boyolali, Hari Santoso, S.PAK. menjadi guru PAK pada Yayasan Pendidikan Jayawijaya sekolah perusahaan tambang tembaga di Tembagapura Irian Jaya. Di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta alumni prodi PAK  UKRIM yang menjadi guru PAK ASN  yaitu Sukengtyas, S.PAK., Naomi Fatimah, S.PAK, Petrus Setyawibawa, S.PAK., Esti Langgeng Prasetyo, S.PAK., Manik kunjari, S.PAK., Anti Uki Nusantari, S.PAK., Suwiliana, S.PAK., dan masih banyak yang lainnya. Di Provinsi Jawa Tengah alumni prodi PAK yaitu Wahyu Eko Cahyono, S. PAK., Erni Stiyani, S.PAK., Wuri Wismahanai, S.PAK., dan masih banyak lagi. Alumni prodi PAK UKRIM di Jawa Timur yaitu Evi Sayoga, S.PAK, dan masih banyak lagi yang lainnya. Alumni prodi PAK UKRIM Alumni prodi PAK UKRIM di provinsi Kalimantan Timur yaitu Rustina Mega Noveni, S.PAK., Victor Pattiwael, S.PAK. Alumni prodi PAK UKRIM di provinsi Kalimantan Barat yaitu Any Widyastuti, S.PAK., Reni S.PAK., Siti Rohani, S.PAK, dan masih banyak lagi. Alumni prodi PAK di Sulawesi Tenggara yaitu Imelda Tadomeng, S.PAK., dan masih banyak lagi yang lainnya. Alumni prodi PAK di Ambon yaitu Kos Yuniarti, S.PAK., Carlo Ginzel, S.PAK., dan masih banyak lagi. Alumni prodi PAK di Papua yaitu Maria Marjana Krey, S.PAK., Ribka Baransano, S.PAK, Thomas Omuro, S.PAK, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kegiatan Mendatang