pak@ukrimuniversity.ac.id 085216472877

Capaian Pembelajaran Lulusan

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

     Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Prodi PAK UKRIM terdiri dari empat unsur yaitu sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan keterampilan khusus sesuai Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Unsur sikap dan keterampilan umum sudah ditetapkan dalam lampiran Permendikbud Nomor 3 tahun 2020, sedangkan unsur pengetahuan dan keterampilan khusus sudah ditetapkan dalam Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama Nomor 159 Tahun 2021 tentang Penetapan Kurikulum Pendidikan Tinggi Keagamaan Kristen Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Sehubungan di Provinsi  DIY belum memiliki Asosiasi Keilmuan/konsorsium Program Studi Pendidikan Agama Kristen, maka Prodi PAK UKRIM mengadopsi penetapan capaian pembelajaran lulusan (CPL) unsur pengetahuan dan keterampilan khusus dari Juknnis Kemenag Kristen dan menambah beberapa kekhasan dari prodi. Adapun empat unsur CPL tersebut sebagai berikut:

 

Unsur Sikap (S)   

S-1

Bertakwa kepada Allah Tritunggal: Bapa, Anak dan Roh Kudus dan mampu mempertahankan dan mengaktualisasikan nilai dan sikap religius Kristiani.

S-2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan solidaritas dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika Kristen.

S-3

Berperan aktif dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila.

S-4

Berperan aktif sebagai warga negara yang menjunjung tinggi nasionalisme dan bertanggung jawab pada bangsa dan negara.

S-5

Mengakui dan menghargai perbedaan dalam keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan suku, serta pendapat dan nilai dalam semangat solidaritas.

S-6

Berinisiatif menolong sesama, memiliki kepekaan dan  kepedulian  sosial terhadap masyarakat dan lingkungan.

S-7

Menginternalisasi nilai kekristenan serta taat hukum dan perundang-undangan.

S-8

Mempertahankan nilai dan kode etik akademik dalam mendidik dan menghargai temuan orisinal orang lain.

S-9

Mengasihi Allah dan sesama dengan segenap hati, jiwa dan kekuatan

S-10

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

Unsur Keterampilan Umum (KU)

KU-1

Mampu melakukan pembelajaran Kristen dengan pikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi teologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai yang sesuai dengan ajaran Kristiani.

KU-2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, terukur dan berkualitas.

KU-3

Mampu melakukan riset terhadap implementasi teologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai sosial kemanusiaan dalamrangka menghasilkan solusi.

KU-4

Menyusun deskripsi saintifik hasil riset tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

KU-5

Mampu mengambil dan melakukan keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

KU-6

Mampu menjalin kerja sama dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat  baik di dalam maupun di luar lembaganya.

KU-7

Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja, baik secara individu maupun kelompok dan melakukan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.

KU-8

Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

KU-9

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan Kembali data untuk menjamin kesahian dan mencegah plagiasi.

KU-10

Mampu membimbing peserta didik dalam mematuhi, melakukan Firman Tuhan, menentukan dan membedakan antara yang baik dan yang jahat. serta mampu mengendalikan emosi dan mengatasi masalah.

KU-11

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis data dan informasi.

KU-12

Mampu bersikap kritis terhadap berbagai pengaruh globalisasi.

KU-13

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif, dan tepat tentang kepemimpinan dan menunjukkan karakter Kepemimpinan Kristen.

KU-14

Mampu memelihara dan mengembangkan jejaring dengan berbagai denominasi Gereja, lembaga (Kristen dan non Kristen) serta masyarakat.

 

Unsur Pengetahuan (P)

P-1

Menguasai Alkitab dan Pendidikan Agama Kristen.

P-2

Menguasai Konsep Pedagogik dan Teori PAK.

P-3

Menguasai Hakekat, Fungsi, Tujuan, dan Landasan PAK.

P-4

Menguasai Model, Strategi, Metode dan teknik Pembelajaran PAK yang kreatif dan inovatif.

P-5

Mengetahui teori kurikulum.

P-6

Menguasai tehnik menyusun materi pembelajaran pada jenjang Pendidikan dasar dan menengah

P-7

Menguasai teori evaluasi Pembelajaran PAK.

P-8

Menguasai pengembangan diri.

P-9

Menguasai pendidikan karakter

P-10

Menguasai keterampilan dalam bimbingan konseling.

P-11

Menguasai etika Kristen dan kearifan pendidikan Kristen.

P-12

Menguasai teori psikologi pendidikan dan psikologi perkembangan.

P-13

Menguasai teori Kepemimpinan Kristen.

P-14

Menguasai pengetahuan keterampilan organisatoris.

P-15

Menguasai pengetahuan manajerial dalam konteks gereja dan masyarakat,

P-16

Menguasai pengetahuan tentang sejarah PAK dan sejarah gereja.

P-17

Menguasai tehnik pengembangan media dan teknologi Pendidikan dalam PAK

P-18

Menguasai pengembangan  program PAK sebagai sarana PI

P-19

Menguasai teori PAK pada keluarga, gereja, sekolah dan masyarakat majemuk

P-20

Menguasai teori tentang kewirausahaan

 

 

Unsur Keterampilan Khusus (KK)

 

KK-1

Mampu menyusun RPP PAK sesuai dengan standar.

KK-2

Mampu menerapkan RPP PAK dengan baik.

KK-3

Mampu menggunakan media pembelajaran.

KK-4

Mampu mengelola kelas.

KK-5

Mampu melakukan strategi pembelajaran PAK.

KK-6

Mampu menerapkan Penelitian Tindakan kelas dan penelitian sosial.

KK-7

Mampu membuat alat peraga.

KK-8

Mampu melakukan evaluasi pembelajaran PAK.

KK-9

Mampu mengaplikasikan ilmu PAK di kelas.

KK-10

Mampu menuntun pada pengenalan akan Yesus Kristus.

KK-11

Mampu membimbing pada pertumbuhan iman Kristen.

KK-12

Mampu meneladankan karakter Kristus dalam kehidupan sehari-hari.

KK-13

Mampu menjadi role model dalam kepemimpinan.

KK-14

Mampu Berpartisipasi dalam kegiatan gereja dan masyarakat majemuk.

KK-15

Mampu mengkoordinir pelatihan guru-guru PAK (KKG, MGMP, PGRI).

KK-16

Mampu melayani kegiatan kategorial di gereja.

KK-17

Mampu mengaplikasikan pembelajaran PAK yang aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan, dengan menggunakan berbagai sumber, media pembelajaran, teknologi dan informasi.

KK-18

Mampu mengaplikasikan tehnik pengucapan, pelafalan dan pencarian ayat-ayat Alkitab.

KK-19

Mampu mengaplikasikan penggunaan Bahasa asli dan buku-buku sumber dalam pengkajian dan penafsiran  teks-teks Alkitab.

KK-20

Membuat desain pembelajaran dalam bentuk renungan, khotbah dan ceramah

KK-21

Mampu membuat desain perencanaan pembelajaran sesuai dengan era industri 4.0

KK-22

Mampu membuat desain pembelajaran dalam bentuk modul, bahan ajar dan presentasi baik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah

KK-23

Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam proses dan penyajian media pembelajaran PAK.

KK-24

Mampu menyelesaikan masalah melalui bimbingan dan motivasi sesuai prinsip etika Kristen dan etika profesi guru

KK-25

Mampu mengkaji kurikulum PAK sesuai pendidikan di era industri 4.0

 

Kegiatan Mendatang